Sabtu, 30 April 2016

Analisa Novel : Me and You Versus The World









Identitas buku
 
Judul novel : Me & You versus the world
Pengarang : Stanley Meulen
Penerbit : PT WahyuMedia
Tahun terbit : 2012
Tempat terbit : Jakarta
Tebal : 313

Sinopsis 

Bercerita  tentang kisah cinta seorang pemuda yang bernama Jeremy yang berusia 28 tahun  yang harus menghadapi berbagai konflik mulai dari masalah pekerjaan, hubungannya dengan banyak wanita sampai dengan usahanya untuk mencari cinta sejati.

Hubungan Jeremy dengan banyak gadis ini pun harus membawanya ke berbagai masalah mulai dari Jeremy yang masih belum melupakan mantan tersayangnya, Vida yang tiba – tiba minta putus, Amy yang nyaris melibatkan Jeremy dalam urusan rumah tangganya dan masih banyak lagi. 
Jeremy yang dulu pernah bersumpah tidak akan berpacaran dengan anak ABG tampaknya kena batunya karena saat ia sedang berkunjung ke SMA bersama dengan kedua rekan kerjanya yaitu Baron dan Mosa untuk presentasi soal rafting dengan Kepala Sekolah. Presentasi Jeremy di tolak karena dianggap terlalu berbahaya untuk anak-anak SMA  dan melakukan wawancara dengan beberapa siswi SMA, ia bertemu dengan seorang gadis SMA yang ternyata berusia 14 tahun yang bernama Sera. Sera juga ikut menolak untuk kegiatan itu. Sebenarnya Bos Jeremy juga menolak rencana Jeremy. Tetapi Jeremy dan kedua rekannya tidak menyerah.

Putri dan Shifa sahabat Sera terus membujuk untuk ikutan Rafting dan Serapun akhirnya ikut. Hubungan Sera dan Jeremy menjadi semakin akrab setelah Jeremy membantu Sera menghadapi penelpon gelap yang menghubunginya, hubungan mereka pun menjadi kian pesat walaupun sempat mendapat kendala dari Baron yang ternyata masih saudara jauh dari Sera.Setelah rafting, Jeremy sering mengajak Sera ikut kedalam kegiatan-kegiatan yang menantang. Sera merasa hidupnya lebih berwarna dengan Jeremy. Tapi akibatnya nilai sekolah Sera hancur dan perbuatan Sera selama ini diketahui Papa dan Mamanya. Mereka melarang Sera dekat dengan Jeremy karena usia yang terlalu dewasa. Dan merekapun berpisah. Sera dan Jeremy yang semula acuh tak acuh satu sama lain, merasa sama-sama kehilangan.

2 tahun kemudian, Jeremy pergi berpetualangan ke India. Di Taj Mahal tanpa sengaja Jeremy bertemu dengan Sera. Ditempat pembuktian cinta inilah mereka bertemu. Dan Cinta sama-sama masih ada hati keduanya.

Kesimpulan

Dari sinopsis diatas kita dapat mengetahui bahwa dalam suatu hubungan tidak hanya diperlukan modal cinta namun juga saling mengerti satu sama lain dan saling percaya. Dari novel ini, mengajarkan pada kita bahwa cinta tidak memandang usia.

Referensi :

Rabu, 27 April 2016

Gangguan Kejiwaan : Kepribadian Ganda

A. Definisi Kepribadian Ganda

Kepribadian Ganda atau Dissociative Identity Disorder (DID) adalah suatu keadaan terpecahnya kepribadian individu yang memicu akan kehadiran kepribadian yang lain, jadi dengan kata lain adalah seseorang yang memiliki kepribadian lebih dari satu.

Menurut Welldan di salah satu artikelnya yang berjudul Kepribadian Ganda, kepribadian ganda terbentuk dari rasa traumatik masa kecil yang biasanya terjadi antara umur 4-6 tahun. Penderita menghibur diri sendiri dari sesuatu yang menyakitkan dengan menciptakan kepribadian lain buat menampung semua perasaannya. Dengan kata lain anak berusaha melindungi dirinya dari hal yang kurang mengenakan yang pernah dialami.

Agar lebih jelas contohnya seperti ini ada kepribadian yang tahu soal peristiwa traumatik itu, dan ada kepribadian yang sama sekali tidak mengetaui. Akhirnya mereka terbiasa saling melindungi diri dari masalah dengan menggonta ganti kepribadiannya hingga mereka tumbuh dewasa.

Kepribadian ganda dapat juga didefinisikan sebagai kelainan mental dimana seseorang yang mengidapnya akan menunjukkan adanya dua atau lebih kepribadian (alter) yang masing-masing memiliki nama dan karakter yang berbeda. Mereka yang memiliki kelainan ini sebenarnya hanya memiliki satu kepribadian, namun si penderita akan merasa kalau ia memiliki banyak identitas yang memiliki cara berpikir, temperamen, tata bahasa, ingatan dan interaksi terhadap lingkungan yang berbeda-beda.

B. Ciri – Ciri Pengidap Kepribadian Ganda

1. Pengidapnya memiliki dua atau lebih identitas atau kesadaran yang berbeda.
2. Kepribadian-kepribadian ini secara berulang mengambil alih perilaku orang tersebut atau disebut dengan switching.
3. Pengidapnya memiliki ketidakmampuan untuk mengingat informasi penting yang berhubungan dengan dirinya.
4. Gangguan-gangguan yang terjadi pada pengidapnya tidak disebabkan karena efek psikologis dari substansi, seperti alkohol, obat-obatan, atau karena kondisi media seperti demam.

Keempat ciri di atas, yang paling mudah dikenali bahwa orang itu pengidap kepribadian ganda adalah mereka yang tidak mampu mengingat informasi penting yang berhubungan dengan dirinya. Pengidap DID 98 % mengalami amnesia. Contohnya ketika kepribadian aslinya kembali, ia tidak bisa mengingat apa yang telah terjadi sebelumnya.

C. Faktor Penyebab Kepribadian Ganda

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan gangguan identitas disosiatif yaitu:
1. Kemampuan bawaan untuk memisahkan kepribadian dengan mudah.
2. Pelecehan seksual pada masa kecil yang berulang.
3. Kurangnya orang yang melindungi ataupun menghibur dari pengalaman buruk yang dialami.
4. Pengaruh dari anggota keluarga lain yang memiliki gangguan psikologis.

D. Penanganan Terhadap Pengidap Kepribadian Ganda

Kepribadian ganda biasanya bermula dari saat kecil, tapi jarang ter-diagnosa sampai saat dewasa. Penyakit ini jauh lebih rumit dibandingkan penyakit kepribadian yang lain, dan kadang tidak bisa disembuhkan secara total. Penyakit ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Cukup sering penyakit ini disertai penyakit lain, misalnya depression, borderline personality disorder, dan samatization disorder. Penderita juga biasanya mengalami sakit kepala, substance abuse, fobia, halusinasi, percobaan bunuh diri, begitu juga dengan gejala dissociative lainnya seperti amnesia dan depersonalization.
Orang di sekitar penderita kepribadian ganda dibuat bingung oleh tingkah laku si penderita yang selalu berubah-ubah. Pada akhir kasusnya, penderita kepribadian ganda bisa disatukan kembali menjadi satu kepribadian yang utuh meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama, dengan dibantu oleh seorang psikiater handal.

Adapun upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasinya yaitu:
1. Kuatkan niat untuk mempunyai kepribadian utuh
2. Introspeksi diri dengan memilih dan memilah mana yang berkepribadian baik.
3. Cobalah sedikit demi sedikit mengurangi kebiasaan buruk.
4. Teratur berkonsultasi dengan psikiater.
5. Santai dan yakinlah bahwa kepribadian utama adalah kepribadian baik.

Sebelum melakukan penanganan terhadap gangguan ini, biasanya terlebih dahulu dilakukan diagnosa dengan memperhatikan secara seksama gejala, tingkat ketakutan, angka waktu, dan frekuensi. Dan gejala yang paling mudah untuk dikenali adalah gejala peralihan mood yang tinggi (dari yang tinggi ke rendah) yang tidak berpola.
Biasanya psikoterapi berupa terapi perilaku-kognitif menjadi pilihan. Perhatian ekstra harus dilakukan bila hendak merencanakan pemberian antipsikotik jangka panjang terutama generasi pertama atau golongan tipikal karena dapat menimbulkan beberapa efek samping. Bila sudah terkena gangguan bipolar ini, kontrol secara teratur, minum obat secara teratur, dan kemampuan mengenali gejala-gejala merupakan kunci utama pencegahannya.




Referensi :

http://imaniatulwafa.blogspot.co.id/2015/02/kepribadian-ganda.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Gangguan_identitas_disosiatif

https://www.deherba.com/gangguan-kepribadian-ganda-apa-benar-ada.html

http://epicentrum-online.blogspot.co.id/2011/10/kepribadian-ganda-bisa-sembuh.html

https://www.academia.edu/6314604/PSIKOLOGI_KEPRIBADIAN_GANDA

Minggu, 27 Maret 2016

Persoalan Manusia dan Analisis Budaya




Judul Kasus : Penggusuran Permukiman Liar di Bukit Duri, Jakarta

Penggusuran di DKI Jakarta akan terus dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang akrab disapa Ahok. Berikutnya, sejumlah hunian ilegal yang berada di Bukit Duri, Jatinegara, Jakarta timur menjadi sasaran.

Menurut Ahok, penggusuran Kampung Pulo menjadi contoh bagi warga Bukit Duri untuk mengambil manfaatnya sehingga dalam penggusuran nanti tidak lagi melakukan perlawanan saat direlokasi.

“Saya harap warga Bukit Duri bisa mengambil manfaat dari penggusuran kampung Pulo ini,” harapnya.

Proses pengalihan tanah tersebut nantinya, kata Ahok, sama dengan warga Kampung Pulo. Pihaknya akan menawarkan ganti rugi sebesar setengah dari Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) kepada warga yang memiliki sertifikat tanah.

“Kita memberikan subsidi sebesar 80 persen untuk biaya sewa yang harus dibayar warga. Mereka boleh menghuni unit rusunawa yang disewakan seterusnya dengan syarat tidak menjual atau menyewakannya kembali,” pungkasnya.

Dengan demikian, kata Ahok, bila seluruh hunian ilegal telah dihilangkan, pihaknya akan memasangi sheet pile atau dinding turap di sepanjang bantaran kali. Sheet pile berfungsi menjadi semacam penguat dinding bantaran dan mencegah air meluap. Hal tersebut otomatis akan mencegah banjir kembali menggenangi wilayah Kecamatan Jatinegara yang dilintasi aliran Sungai Ciliwung.

Lalu... Apa penyebab penggusuran di perkotaan?

Penggusuran di wilayah perkotaan umumnya disebabkan keterbatasan dan mahalnya lahan. Upaya ini menyebabkan tersingkirnya kawasan pemukiman warga yang biasanya tidak pada tempatnya, misalnya perkampungan kumuh. Fenomena penggusuran berkaitan erat dengan keterbatasan ruang di kota untuk menyediakan tempat bagi permukiman dan tempat usaha.
 Faktor pendorong terjadinya fenomena ini antara lain:
1.      Adanya ledakan penduduk ibukota. Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan, setiap tahun Kota Jakarta diserbu sekitar 250 ribu pendatang baru dari berbagai wilayah di Indonesia. Sebagian besar pendatang tersebut tidak memiliki pendidikan dan keterampilan yang memadai, sehingga hanya mampu menjadi pekerja kasar dengan tingkat penghasilan yang rendah. Kondisi ini menyebabkan banyak diantaranya bertempat tinggal di permukiman liar.
2.      Terdapat banyak lahan tidur yang tidak jelas status dan peruntukkannya di Jakarta. Ketidakjelasan status ini selanjutnya dimanfaatkan oleh kalangan tertentu yang dapat mengatur penguasaan lahan. Hal ini lambat laun mengakibatnya terjadi penguasaan lahan secara ilegal yang memicu terjadinya penggusuran.
3.      Kemampuan pemerintah yang rendah dalam menyediakan rumah murah dan tempat usaha yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Terbatasnya akses masyarakat terhadap perumahan dan tempat usaha yang layak tersebutlah yang menyebabkan mereka terpaksa menempati wilayah pinggiran sungai atau lahan kosong secara ilegal.

Penggusuran menghadapkan masyarakat pada dua posisi berlawanan, pro dan kontra. Bagi kalangan yang kontra, penggusuran menyebabkan rusaknya jaringan sosial pertetanggaan dan keluarga, rusaknya kestabilan kehidupan keseharian seperti bekerja dan bersekolah, serta melenyapkan aset hunian. Bagi sebagian pihak, penggusuran merupakan pelanggaran hak tinggal dan hak memiliki penghidupan yang dapat dikategorikan sebagai tindakan yang tidak berperikemanusiaan, bahkan dianggap sebagai kejahatan terhadap hak asasi manusia.Namun sebaliknya, kalangan yang pro meyakini bahwa penggusuran harus dilakukan karena hasil dari penggusuran tersebut adalah terciptanya suasana kota yang nyaman dan layak huni. Penggusuran diyakini sebagai bentuk lain pelayanan kepada masyarakat kota dan penegakan
aturan hukum dengan tujuan mengembalikan hak-hak warga kota yang selama ini terampas
ruang publiknya.

Apa saja dampak permukiman liar di Jakarta?

Pemukiman liar kerap kali dipandang sebagai sarang dari berbagai perilaku
sosial menyimpang seperti kriminalitas, penyalahgunaan narkoba, dan sumber penyakit sosial lainnya. Berbagai perilaku menyimpang sering dijumpai di sini yang tentunya bertentangan dengan norma
sosial yang berlaku. Wujud perilakumenyimpang di permukiman liar ini berupa perbuatan tidak disiplin lingkungan, antara lain membuang sampah dan kotoran di sembarang tempat, tidak memiliki KTP, atau menghindari kegiatan-kegiatan kemasyarakatan seperti gotong royong dan kegiatan sosial lainnya.
Bagi kalangan remaja dan pengangguran biasanya penyimpangan perilakunya berupa mabuk-mabukan, menggunakan obat
terlarang, pelacuran, adu ayam, dan perbuatan mengganggu ketertiban umum lainnya. Akibatnya, hal ini mengarah kepada tindakan kejahatan
seperti pencurian, pemerkosaan, penipuan, penodongan, pembunuhan, pengrusakan fasilitas umum, tawuran, melakukan pungutan liar, mencopet, dan tindakan kekerasan lainnya.
Keluhan yang paling sering disampaikan mengenai permukiman liar tersebut adalah rendahnya kualitas lingkungan yang dianggap sebagai bagian kota yang semestinya disingkirkan.

Bagaimana menyelesaikan masalah penggusuran permukiman liar?

Memperhatikan fenomena penggusuran permukiman liar di Jakarta maka diperlukan analisa kebijakan yang menyeluruh sehingga dapat diselesaikan dengan baik. Sudah saatnya Pemprov DKI Jakarta menyadari bahwa meningkatnya jumlah penduduk miskin di kota-kota besar merupakan indikator meningkatnya ketimpangan sosial dan ketidakberesan manajemen kota. Oleh karena itu, diperlukan upaya preventif sehingga fenomena munculnya permukiman liardapat dicegah, diantaranya memperketat masuknya pendatang ke ibukota, meningkatkan akses penduduk terhadap pekerjaan sehingga mereka memiliki kemampuan untuk mendapatkan pemukiman yang layak. Selain itu, Pemprov DKI perlu menunjukkan konsistensi pengaturan lahan, agar tidak ada pembiaran lahan-lahan kosong yang rawan disalahgunakan sebagai permukiman liar.






Rangkuman Ilmu Budaya Dasar

A.      ILMU BUDAYA DASAR SEBAGAI BAGIAN DARI MATA KULIAH DASAR UMUM

Ilmu budaya dasar merupakan salah satu komponen dari sejumlah mata kuliah dasar yang merupkan mata kuliah wajib di semua perguruan tinggi. Baik yang sifatnya eksakta maupun yang non eksakta .
Secara khusus mata kuliah ini bertujuan untuk menghasilkan warga negara sarjana yang berkualifikasi sebagai berikut :
1. Berjiwa pancasila
2. Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
3. Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral
4. Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat.
Jadi, pendididikan umum yang menitik beratkan pada usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa. Serta bertujuan untuk mengembangkan keahlian mahasiswa dalam bidang atau disiplin ilmunya.

B.    PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR

Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang di harapkan dapat memberikan pengetahun dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

Istilah Ilmu Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah “Basic Humanitiesm” yang berasal dari istilah bahasa Inggris “The Humanities”. Adapun istilah “Humanities” itu sendiri berasal dari bahasa latin “humanus” yang bisa diartikan manusia,berbudaya dan halus.

Dengan mempelajari The Humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus.

Untuk mengetahui bahwa Ilmu Budaya Dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya, lebih dahulu perlu diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan, Prof.Dr.Harsya Bachtiar mengemukakan bahwa ilmu pengetahuan di kelompokan dalam tiga kelompok besar , yaitu :


1. Ilmu-Ilmu Alamiah (natural science)

Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat di alam semesta. Untuk mengkaji hal itu di gunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis itu kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi . Hasil penelitiannya 100 % benar dan 100 % salah. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu alamiah antara lain ialah astronomi, fisika, kimia, biologi, kedokteran, mekanika, dsb.

2. Ilmu-Ilmu Sosial ( social science )
Ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tetapi hasil penelitiannya tidak mungkin 100 % benar, hanya mendekati kebenaran. Karena  keteraturan dalam hubungan antar manusia itu tidak dapat berubah dari saat ke saat. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu sosial antara lain ilmu ekonomi, sosiologi, politik, demografi, psikologi, antropologi sosial, sosiologi hukum, dsb.


3. Pengetahuan Budaya (The Humanities)

Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan pernyataan-pernyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.
Peristiwa-peristiwa dan peryatan-pemyataan itu pada umumnya terdapat dalam tulisan-tulisan. Metode ini tidak ada sangkut pautnya dengan metode ilmiah, hanya mungkin ada pengaruh dari metode ilmiah.

Pengetahuan budaya ( The Humanities ) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup kcahlian (disiplin) scni dan filsafat. Keahlian inipun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai bidang kcahlian lain, seperti seni tari, seni rupa, seni musik, dll. Sedangkan Ilmu Budaya Dasar ( Basic Humanities ) adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan kata lain Ilmu Budaya Dasar menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan budaya untuk mengembangkan wawasan pemikiran dan kepekaan dalam mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

Ilmu Budaya Dasar berbeda dengan Pengetahuan Budaya. Ilmu Budaya Dasar dalam bahasa Inggris disebut dengan Basic Humanities. Pengetahuan Budaya dalam bahasa inggris disebut dengan istilah The Humanities. Pengetahuan Budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai makhluk berbudaya ( homo humanus ), sedangkan Ilmu Budaya Dasar bukan ilmu tentang budaya, melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya.





C.    TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR

Ilmu Budaya Dasar bertujuan untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemarnpuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.
Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut Ilmu Budaya Dasar diharapkan dapat :
1.     Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya.
2.     Memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya.
3.     Mengusahakan agar mahasiswa sebagai penerus bangsa tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat.
4.     Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar lebih mampu berdialog satu sama lain.

D.    RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR
Masalah pokok yang menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup mata kuliah Ilmu Budaya Dasar yaitu:
1.      Berbagi aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan pengetahuan budaya.
2.      Hakekat manusia yang satu atau universal, tetapi beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.

Melihat kedua masalah pokok yang bisa dikaji dalam mata kuliah ilmu budaya dasar tersebut diatas nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian.



Pokok bahasan yang akan dikembangkan adalah :

·         Manusia dan cinta kasih
·         Manusia dan keindahan
·         Manusia dan penderitaan
·         Manusia dan keadilan
·         Manusia dan pandangan hidup
·         Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
·         Manusia dan kegelisahan
·         Manusia dan harapan

Kedelapan pokok bahasan itu termasuk dalam karya yang tercakup dalam Pengetahuan Budaya. Perwujudan mengenai cinta, misalnya, terdapat dalam karya sastra, tarian, musical, filsafat, lukisan, patung dan sebagainya.
Ilmu Budaya Dasar bukan ilmu sastra, ilmu tari, ilmu filsafat dan ilmu lain yang terdapat dalam pengetahuan budaya. Ilmu Budaya Dasar hanya mempergunakan karya-karya yang terdapat dalam Pengetahuan Budaya untuk mendekati masalah-masalah kemanusiaan dan budaya.

REFERENSI
http://yoppy-candra.blogspot.co.id/2013/05/rangkuman-ilmu-budaya-dasar.html
http://fikfikriardiansyah.blogspot.co.id/2015/04/rangkuman-ilmu-budaya-dasar.html
http://abdirachmadi.blogspot.co.id/2012/03/pengertian-dan-tujuan-ilmu-budaya-dasar.html